Selasa

Yuk, Temukan cara Belajarmu!

Yuk, temukan cara belajar yang GW Banget! 

Bismillah.. Alhamdulillah sudah sampai pada tahap ini. Misi dilanjutkan. Sekarang saatnya kita mencari telur orange.
Pada telur orange kali ini, kami diminta untuk, 
1. Menentukan tujuan belajar dengan menemukan strong why. 
2. Ilmu apa saja yang kami perlukan
3. Sumber ilmu
4. Cara belajar yang gue banget. 


Tujuan belajar

Di tantangan sebelumnya saya sudah mendapatkan 5 telur merah , yaitu keterampilan yang penting dan mendesak apa saja yang ingin saya kuatkan agar kebahagian saya sebagai seorang istri, ibu dan perempuan semakin meningkat. 

Nah, sekarang saya ingin menjabarkan tujuan saya belajar berdasarkan
5 telur tersebut. 

1. Manajemen waktu

Salah satu telur hijau saya adalah Belajar dan bermain bersama anak-anak. Saya akan bisa tenang serta bahagia bermain dan belajar bersama anak-anak jika semua pekerjaan domestik saya sudah selesai. Makanan sudah tersaji, rumah dalam kondisi bersih dan rapi, dan tidak ada tumpukan pakaian kotor disana sini serta semua pakaian bersih sudah tertata dengan rapi di lemari😁. Kondisi keuangan keluarga yang belum memungkinkan untuk menyerahkan urusan domestik pada pihak ketiga mengharuskan saya untuk mengerjakan semua urusan domestik tersebut dengan beberapa bantuan dari suami dan juga anak-anak tentunya. 

Dengan adanya keterampilan managemen waktu, harapannya saya bisa menyelesaikan semau pekerjaan domestik agar saya bisa tetap fokus melaksanakan hal yang saya suka dan bisa, sehingga indeks kebahagiaan saya juga meningkat. Saya tidak mau terjebak dalam rutinitas pekerjaan yang saya tidak suka hingga tidak bisa produktif dan bahagia. 

2. Managemen Emosi

Membersamai anak2 hampir 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, dengan berbagai konflik dan gesekan yang muncul tanpa terduga dalam beberapa kesempatan, membuat saya harus mengusai ilmu memenage emosi agar tetap tenang dan bahagia tanpa ada bentakan, kata2 yang menyakitkan, serta bahasa tubuh saya yang dapat mencedarai fitrah dan melukai jiwa anak-anak. 


3. Food preparation
Suami dan anak-anak adalah tipe yang suka makan makanan rumahan hasil olahan sendiri dirumah.Tapi, Memasak masuk kedalam kuadran yang saya tidak suka dan tidak bisa. Mau tidak mau, suka tidak suka, kenyataannya saya harus bisa masak makanan sehat dan enak yang untuk keluarga.

Tapi ada satu point yang bisa menaikkan indeks kebahagian saya di aktivitas memasak ini yaitu saya bisa memasak bersama anak-anak sebagai salah satu proyek belajar dan bermain. 

Jadi agar semuanya menjadi mudah dan menyenangkan serta bisa menghemat waktu, tenaga, pikiran, serta good mood dalam memasak, saya harus belajar ilmu food preparation termasuk nanti diantaranya juga Manajemen kulkas, manajemen belanja mingguan serta mengatur menu.


5. Ilmu Managemet Gadget

Saya adalah seorang learner, suka belajar hal-hal baru. Dan gadget adalah salah satu sarana yang sangat memudahkan jiwa belajar saya ini mereguk ilmu hingga kadang sampai keblablasan dan lupa waktu. 

Aktivitas yang membahagiakan saya yaitu bermain dan belajar bersama anak juga mengharuskan saya selalu update ilmu agar tidak mati gaya serta kehabisan ide. Dan lagi-lagi Gadget juga jadi andalan utama sebagai sarana untuk saya dalam belanja ide dan gagasan. 

Dua hal tadi membuat saya susah jauh dari Gadget hingga seringnya keblablasan menghabiskan banyak waktu dalam bergadget bahkan kadang sampai anak-anak menegur saya jika sudah lupa waktu. Sehingga saya merasa perlu memasukkan ilmu Management Gadget ini sebagai salah satu ilmu prioritas yang akan saya pelajari dan amalkan sesegera mungkin.


Ilmu yang diperlukan untuk memperoleh keterampilan di telur merah

Untuk meningkatkan indeks kebahagian saya, untuk sementara saya harus menyelesaikan dulu faktor pengganggu aktivitas yang saya suka dan bisa. Sehingga saya memilih ilmu yang penting dan mendesak yang harus saya pelajari yaitu :
1. Ilmu management Waktu
2. Ilmu Managemen Emosi
3. Ilmu Management Gadget
4. Ilmu Food Preparation

Sumber Ilmu

Video YouTube, Seminar/Kuliah online, internet, buku bacaan, belajar langsung dengan praktisi, mendatangi sumber ilmu/sang ahli. 

Cara Belajar yang Gue Banget
Saya termasuk tipe audio visual. Saya lebih suka mendengar dan langsung bertatap muka dengan guru, serta menuliskan ilmu yang Saya dapat serta langsung Action. 

#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perjalanan Si Ulat Mencari Makanan Lezat 1

Bismillah... Alhamdulilah saat ini saya sudah berada di "The Jungle Of Knowladge". Surganya "makanan lezat". Begitu ba...