Selasa

J 2. 7 : Refleksikan belajarmu

MasyaAllah, Alhamdulillah bisa tiba di pekan ke-7 tahap ulat-ulat. Sekarang saatnya menggelar tikar di pinggir danau, sambil menikmati secangkir coklat panas. Ambil keranjang dan membongkar isinya, serta membuka kembali mind mapping. Makanan apa saja yang sudah kami dapatkan setelah berkeliling di hutan pengetahuan Whuaa... Masya Allah, ternyata banyak sekali yang sudah saya dapatkan mulai pekan pertama hingga ketujuh ini. Bisa intip disini hasil belanja saya 


REFLEKSI BELAJARMU

Selama 7 pekan ini saya makan banyak makanan utama. Makanan utama yang pertama kali saya coba kunyah dan cerna adalah Ilmu Manajemen waktu. Selanjutnya saya menuju Ilmu Manajemen emosi. Berangkat lagi mencari ilmu Menyusun Portofolio dan Kurikulum Homeschooling yang saya dapatkan di keluarga 24Hourschool dan DI keluarga PortA. Kemudian masih berlanjut mencari ilmu komunikasi dan Ilmu perdapuran. MasyaAllah... Alhamdulilah semua makanan utama yang saya cari tersedia buanyaaak sekali di hutan pengetahuan ini. Selain ini sebenarnya banyak lagi cemilan-cemilan lezat yang menarik di sana, tapi saya berkali2 terus merapal mantra yang ibu septi sampaikan, Menarik tapi tidak tertarik. Makanan utama saja sudah sangat banyak sekali. Saya sangat kenyang dan tidak sanggup mengunyah hingga habis dalam satu waktu. Rasanya tidak sempat lagi cicip cemilan lain yg kelihatannya sangat lezat dan menggoda. 




REFLEKSIKAN KE PETAMU

Apakah makanan yang kudapatkan sudah sesuai dengan kebutuhan makanan yang ada di petaku?

Alhamdulillah semua kebutuhan makanan utama yang saya tulis di peta di awal sebelum menjelajah huan pengetahuan sudah saya dapatkan semuanya. Tinggal saatnya kini mencerna lebih dalam dan pelan-pelan mengamalkan agar makanan yang saya makan tidak hanya jadi sampah tanpa terasa manfaatnya. 

Mana yang lebih banyak kudapatkan selama berkelana di hutan pengetahuan, makanan utama atau cemilan? Mengapa?

Alhamdulillah makanan utama yang lebih banyak saya dapatkan. Bahkan saya hanya nyicip sedikit cemilan yang saya rasa berkaitan dengan makanan utama yaitu ide main bersama anak.


Apa yang membuatku bahaga belajar di hutan pengetahuan? Mengapa?

Pengalaman belajar yang seru, belajar bersama, saling berbagi dan saling menyemangati. 

Apa strategi belajar yang kurasakan berhasil selama di hutan pengetahuan?
Apa yang harus kutingkatkan lagi?

Alhamdulillah saya ternyata suka belajar bersama, belajar dari pengalaman orang lain dan saya coba terapkan untuk diri sendiri yang kira-kira cocok dengan karakter saya. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

J8 : Temukan Buddy-mu

Bismillahirrahmanirrahim Alhamdulilah memasuki pekan terakhir di kelas Ulat-Ulat. Banyak pengalaman dan ilmu baru selama hampir 2 bulan be...