Kamis

Melatih Kemandirian Anak2# "Aku Bisa Makan Sendiri"

"Aku Bisa Makan Sendiri"

Makan sendiri merupakan salah satu kemandirian yang sangat perlu dilatih sejak dini. Zaid dan Ammar sejak umur 2 tahun sudah dilatih makan sendiri. 

Diantara sekian latihan kemandirian, Zaid dan Ammar paling lama lulus di point makan sendiri. Setelah direwiew, ternyata penyebab lamanya lulus di point ini karena campur tangan emaknya juga 😀

Emaknya kurang sabar kalau lihat anak-anak makannya lamaaaa banget dan menyisakan makanan. Kalau cuma kotor emak masih woles aja, tapi kalau makanannya bersisa emak tengsin gimana gitu. walaupun selalu disounding agar mengambil makanan sesuai dengan porsi perut masing-masing agar tidak bersisa dan mubazir, tetap aja bersisa, ujung-ujung biar gak mubazir masuk perut emak, akhirnya emak makin lebar, gimana gak tengsin coba 😁. 

Anehnya kalau disuapin, anak-anak makannya lahap, efek tangan emak sepertinya, yang bisa mengubah rasa masakan jadi istimewa 😜. Penyebab lainnya, karena kalau lagi diluar, emak juga lebih milih nyiapin biar tetap bersih daripada mengotori tempat umum, gak enakan aja rasanya. 

Selama beberapa hari kemarin, emak mencoba rutin lagi melatih anak-anak makan sendiri. Terutama Abang Zaid yang sebulan lagi usianya genap 5 tahun. Kalau Ammar juga dilatih sih, tapi mengingat BBnya sekarang sudah digaris kuning, emak harus memastikan makannya cukup. Sambil pelan-pelan dilatih juga. 

Alhamdulillah hari ini  sarapan dan makan malam Zaid berhasil makan sendiri, walaupun masih bersisa dan agak drama awalnya. Minta potong-potong ini ikan lah, minta sendokin nasinya lah,wkwk..banyaknya akalmu neuk,biar emak makan lewat tangan emak. 

Abang Zaid makan sendiri

Makan siang gagal karena disuapin yabi. Alasannya karena yabi mau pergi lama, jadi minta suapin sama yabi. Wkwkwk...okelah emak ngalah kali ini. Besok kita coba lagi ya neuk, besok yabi juga gak dirumah, emak juga bakalan rempong sendirian karena yabi gak dirumah, gak ada yang bantuin. Bantuan Emak ya neuk, besok makan sendiri lagi. Semoga ada kemajuan.

#Harike2
#Tantangan10Hari
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4 Permainan Seru Mengisi Family Time Ala Ismoe Family

Sabtu dan Minggu adalah hari favorit yang selalu dinantikan anak-anak dan juga saya pastinya. Mulai senin, setiap hari mereka akan bertanya...